Jumat, 26 September 2014

It's Not About Moving On


Terbangun dari mimpi gue semalem yang gue sendiri gak inget, hal pertama yang kelinter di otak gue "Blog gue Blog gue, gue Blog gue Blog" ingatan tentang blog terus menghantui pikiran gue semalam suntuk. Semalam suntuk, bak nama restorang khas di jalur lintas sumatera, otak gue cuma terus mencari, kira kira apa hal bagus yang bakalan gue tulis lagi di blog gue, keputus asaan menunggu kapan blog ini menjadi film membuat gue memilih untuk mencoba hal hal baru untuk membuat diri gue terkenal dan bisa masuk tipi. Beberapa hal udah gue lakuin, kayak maling, buat rusuh, tapi emang dasar ketenaran gak mau deket deket sama gue, mau diapain lagi. Kenyataan memang pahit, sepahit kenyataan kalo lo lo pada yang lagi baca ini masih terus berkutat di status "jomblo" dan gak beranjak beranjak. All my pity are for you.

. .

Bertahun tahun gue nulis di blog ini, gaya gue gak pernah berubah. Ketika lo berekspektasi melihat dan membaca tulisan panjang dan bermakna, instead lo cuma dapetin celotehan gak berguna yang panjang di awal dan isi yang gak terlalu penting tapi pendek di akhir, gue berniat untu merubah itu semua. Okeh fix.

. .

Pernah kan terbesit di pikiran lo atau terbesit di pikiran mantan lo, "Kok gue gak bisa move on?". Sebelum kita masuk kesana, ada banyak makna yang tertanam di otak otak lo lo pada tentang "Apa sih move on?".
Terkadang move on lo artikan sebagai suatu aktivitas melupakan dan melanjutkan. Memang pada hakikatnya sih move on itu kek gitu, tapi seperti soal Matematika, gak semua yang lo pikir di dunia nyata bisa sesimpel itu. Pernah kan lo belajar matematika atau fisika, lo dikasih materi tentang A, terus dikasih soal contoh tentang A juga, eh pas masuk di ulangan yang dibahas malah tentang B.

. .

Kebenaran dan kenyataan tuh bersifat relatif, lo lo pada berfikir bahwa move on itu susah, move on itu gak mudah, tapi di satu sisi lo sendiri gak tahu makna dan hakikat dari move on itu sendiri. Seperti yang gue bilang di awal, memang kebenaran itu bersifat relatif, kriteria kebenaran di setiap manusia itu emang beda (lo bandingin cara nulis gue dulu pas smp sama yang sekarang, kontras bener kan) kita bisa beranggapan kalo suatu hal itu benar, tapi lo gak bisa mastiin kalo bagi orang lain itu juga benar. Apa hubungannya sama move on ? Gak ada, gue cuma pengen nyeloteh aja.

. .

Okeh balik lagi ke masalah move on, gue punya satu teori tentang move on. Memang kasar nya move on itu output nya adalah kita harus bisa merelakan sesuatu yang udah ada di belakang kita, runtutan maknanya ? Gak sesimpel itu. Bagi gue move on itu adalah mengakui kalo despite of everything that happened and might happen dia pernah punya satu tempat di hati kita, dewasalah untuk nerima kenyataan itu, karena esensi dari move on itu sendiri gak bisa kita dapet kalo yang kita lakuin cuma menghindar, menghilang, dan melupakan.
Lalu mengakui kalo lo pernah berkorban untuk semua yang lo korbanin, inget gak lo saat saat masih sama sama dulu ? Semua pengorbanan yang udah lo lakuin, in order for you to moving on lo harus inget pengorbanan yang udah lo lakuin. Lalu tahap terakhir dan tahap yang paling penting bagi lo dalam hal move on adalah sadar apa yang udah lo lakuin, DESPITE of the fact kalo lo diputusin atau mutusin. Lo harus dengan dewasa sadar apa sih yang udah buat lo ada di posisi lo sekarang ini.

. .

Kembali lagi ke masalah move on, bagi gue bukankah lebih baik untuk melanjutkan hidup ketimbang berusaha keras ngabisin waktu lo sendiri cuma untuk ngelupain. Studi membuktikan, semakin keras lo berusaha untuk ngelupain, semakin kecil pula peluang lo untuk bisa lupa. Percaya lah wahai teman teman autis sekalian, ini semua sudah terbukti di ITB.

. .

2 Tahun gue abisin untuk ngelupain ngelupain dan ngelupain, gue liet diri gue sendiri di kaca, gue tampak menyedihkan. Dan mungkin gitu juga bagi lo lo yang udah ngabisin waktu lo sehabis habisnya cuma untuk ngelupain dan berusaha nemu "yang sama". Kalo lo ngelakuin hal yang sama kayak yang gue lakuin, lo udah bener bener nyia nyiain waktu loh. Keputus asaan gue untu ngelupain dan nemu yang baru lagi udah bener bener buat gue capek. Dan end up nya ? Gue mutusin untuk menjadi sesuatu, mengangkat diri gue berdasarkan prinsip yang gue punya, sedikit menyedihkan, tapi engga semenyedihkan untuk berusaha ngelupain. Gue menjadi sesuatu yang disebut Independen. Iya, gue independen. Gue. Indpenden.

. .

Apa arti dari menjadi seseorang yang independen ? Yaitu loh ngebuang jauh jauh semua usaha untuk sok sok mau ngelupain, semua usaha untuk stalking, semua usaha untuk mencari yang baru untuk batas waktu yang tidak ditentukan. Benefit nya apa ? Lo bakal ngerasain hidup lo sedikit lebih santai atau bahkan bener bener santai ketimbang ngabisin waktu lo cuma untuk move on. Intinya apa ? Move on yang sesungguhnya itu adalah enggak mencoba untu move on. Iya itu intinya.

Salam Move on
Adi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar