Rabu, 07 Agustus 2013

Ketika. .




Okeh mungkin janji gue bakal nulis blog laknat ini setiap hari harus gue langgar, dikarena kan kesibukan puasa gue, tidur. Gak salah orang kalo bilang tidur selama puasa itu gak bagus. Contoh gue yang setiap bangun tidur harus selalu minum atau paling enggak ngunyah rawit, lah ini pas puasa gue bangun tidur, gue cuma bisa ngunyah guling, itu pun bisa ngurangin pahala. Puk puk bener buat gue.
Gak kerasa hari ini udah Ramadhan ke 29. Gak kerasa juga udah sebulan penuh kita kita orang puasa. Bakal kangen masa masa puasa. Bakal kangen masa masa dimana kalo orang nanyain "Malam minggu kemana ?" gue dengan kepala naik ke atas dan pundak dinaik naikin jawab "Taraweh Bro !". Okeh gue bakal sangat sangat kangen akan alasan itu.

Ada banyak hal yang hilang, banyak juga yang dateng. Hilanglah ramadhan, datanglah THR. Tapi sepertinya teori demikian gak akan berlaku untuk gue. Seseorang yang bijak pernah berkata "Makin tinggi umur, Makin kecil THR." Yah ini lah kenyataan pahit yang harus diterima oleh anak anak seumuran gue, Fail to get what we called The Goddamn THR.

Ramadhan tahun ini adalah ramadhan pertama gue sebagai pelajar berpangkat "single". Well i have to admit, there's up and down being a single man. Banyak hal hal yang bisa dilakuin dan gak bisa dilakuin. Tapi percayalah teman, manusia itu gak ada yang sempurna. Ketika mereka pacaran, mereka mau jomblo. Ketika mereka jomblo, mereka mau pacaran. Itulah dinamika manusia dan keragaman mereka sebagai Human Being.

Okeh. Now, let's talk about the power of Ketika. . .
Ketika. Satu huruf yang kalo enggak digandengin sama kalimat dibelakang gak bakal ada arti yang lumayan dalem. Nah semisal kalo kita gandengin kata "Ketika" tadi sama kalimat ". . lo udah bisa ngelupain masa lalu" Nah lumayan dalem makna ketika nya, dan itulah yang mau gue bahas kali ini.

"Ketika lo udah bisa ngelupain masa lalu"

Masa lalu. Masa lalu itu bisa punya banyak makna dan fungsi sih. Tapi kali ini cuma gue persempit jadi dua fungsi. Fungsi pertama untuk pelajaran hidup lo kedepan, dan yang kedua untuk lo kenang. Dan masa lalu ini kita persempit lagi kategorinya jadi berhubungan sama hal yang namnya relationship. Iyah kita ngomongin mantan, kan biar lebih kerena aja gitu gue nyebutinnya.

Penerjemahan gue untuk mantan itu pelajaran, kegagalan. Mau gimanapun lo bilang mantan lo secantik apa, sebaik apa, semalaikat apa, toh pada akhirnya yang namanya mantan itu pasti udah putus tah, yaudah berarti gagal. Masih banyak orang diluar sana yang masih sering bahas bahas mantan di depan pacar. Bahas mantan di depan pacar itu sama aja kayak nyiramin bensin ke orang yang lagi kebakar, bodoh. Ayolah, mantan itu hal yang crucial, vroh.

Ada banyak cara untuk ngelupain masa lalu, salah dua diantaranya yah kalo gak move on, cari gebetan baru. Mungkin udah banyak terjadi salah pengartian dari kata kata move on dibanyak kalangan. Move on sih gak berarti cari gebetan lain, karena kedua kata kata ini punya arti yang lumayan drastis beda. Move on disini ngelanjutin hidup lo, karena gak guna sedih akan hubungan yang udah gagal. There's nothing good that will knock on the door if you keep crying for your ruined-relationship. Dan salah satu caranya yah Move on.
Cari gebetan lagi. Sometimes, Letting your past go by looking for someone to run into is a tricky one. For example, lo dengan keras ngeyakinin kalo orang yang lo kagumin sekarang adalah bener bener orang yang lo kagumi, but deep down in your heart bayang bayang mantan masih bergentayangan bak setan kayak gue. Disinilah letak dimana lo harus bener bener yakin kalo lo emang udah bisa lari ke hati orang lain untuk bisa ngelupain kegagalan masa lalu lo.

Belajar dari pengalaman. Mantan itu berharga, mantan itu adalah pelajaran yangb berharga. Lo harus open minded dan gak boleh egois untuk ngakuin kesalahan kesalahan lo di hubungan yang lalu lalu. Apa aja yang bikin lo gagal dengan hubungan lo sebelumnya. Dipelajarin, dan jangan lagi diulangin di hubungan lo selanjutnya di masa depan.

"we're just human, we make mistakes. But we're given the knowledge to learn from our mistakes so that we can leave our mistakes behind, and moving on"

Gue harap ketika lo bisa ngelupain masa lalu lo, lo harus inget kalo lo pernah memuja muja masa lalu lo itu. Lo harus inget pengorbanan apa yang udah lo kasih dan lo terima. Disanalah letak kita harus bersyukur dan mengakui. Not everything in this world packed with a happy ending. Tapi kita harus berjuang untuk ngedapetin happy ending itu sendiri. God's job is to create happiness. Our job is to grab that happiness.

"Raihlah apa yang belum lo punya, dan Bersyukurlah dengan apa yang udah lo punya "

Salam Damai
Adi

1 komentar: